Serendipity

Ask and it will be given to you; seek and you will find; knock and the door will be opened to you.

Matthew 7:7

Ini adalah sebuah catatan kenangan barisan momen yang diiringi sebuah lagu berjudul To Whom It May Concern oleh The Civil Wars. Catatan untuk diri kalau hidup ini hanya milikNya. Aku percaya semua yang terjadi karena izinNya. Aku percaya semua yang terjadi adalah rencanaNya. Aku percaya semua ini baik.

***

Semarang, Juli 2010.

Let me introduce you to someone I know, Ndah. Kamu pasti suka dia, sesuai dengan kriteria anehmu itu. I think you guys match each other.” kata seorang teman kepadaku. Saat itu aku memang baru saja sembuh dari patah hati—as if there is such thing— dan merindukan sesosok yang sesuai dengan keinginan hati. Smart, fun, goofy, musically artistic, dan lain lainnya, well, maybe it sounds so surreal, tapi temanku bilang pria ini worth a shot. Lalu aku berkenalan dengannya, secara elektronik. Kita bicara. Kita bercanda. Selera musik yang sama, arus pikir yang selaras, oh I was infatuated by him. Lagu-lagu yang dia tulis dan rekam bahkan menemani malam-malamku di kota itu. Iringan gitar folk dengan sintesis ambiens, persis musisi favoritku, Bon Iver. Hanya saja, ada satu fakta yang tidak bisa dimodifikasi saat itu, dia jauh, sangat jauh, ribuan mil. Di benua itu dia sedang menuntut ilmu. Dan perlahan aku dan dia tidak sering lagi bicara, lalu waktu melangkahkan aku dan dia ke arah yang berbeda. Berhenti. Sampai di situ saja.

Lampung, November 2012.

Lagu ini aku dengar lagi di telinga. Kata demi kata dalam lirik ini mengiringi doa yang aku sebut dalam hati. Sebuah harapan yang aku tanam, pupuk dan pelihara, tentang seseorang yang entah siapa. Sebuah asa yang aku jaga kelak akan hadir dia yang dipersiapkanNya untukku. Aku tidak tau dia siapa dan aku mungkin belum bertemu dengannya, namun satu fakta, kita menatap langit yang sama.

Jakarta, 20 November 2013

Aku berikan lagu ini untuknya, sahabatku yang aku sayang. Yang perlahan perasaan itu muncul karena aku melihat sikap hidupnya yang selalu dan selalu mau berusaha menjadi orang yang lebih baik. Sikap hidup yang membuat aku menyayanginya. Namun waktu mulai melangkahkan hatiku ke arah yang berbeda dan pertanyaan-pertanyaan mulai berdatangan. Apakah aku mengenal dia sepenuhnya? Apakah dia mengenal aku sepenuhnya? Aku mengawali dengan niat baik tanpa ingin menyakiti siapapun tapi mengapa aku menangis? Mengapa aku merasa sakit? Apakah dia, sesosok yang aku doakan dalam iringan lagu ini? Mungkin jawabannya juga ada pada waktu. Mungkin kami tidak mengenal satu sama lain seutuhnya. Bahkan mungkin kami tidak mengenal diri kami sendiri. Tapi satu faktanya, doaku tidak berubah, sesuai dengan lirik melodi itu.

Bekasi, Juli 2014.

Hari itu aku habiskan dengan keluargaku. Di sebuah mall di ujung kota yang tidak ramai pengunjung. Mall ini katanya baru, dan daerah ini jauh dari ibukota. Tepat ketika aku keluar dari pintu teater itu, diantara keramaian, mataku menatap mata seseorang. It was him. My infatuation. Dia yang empat tahun lalu menuntut ilmu di benua itu. Apakah dia sudah kembali? Apakah dia hanya berlibur disini? Semua pertanyaan muncul dalam hati. Apa kabarnya? Bagaimana musiknya? Saat itu dia sedang bersama keluarganya. Dia lalu berjalan dan melangkah pergi. Kami memang tidak pernah bertemu muka langsung. Kita tidak bicara selama empat tahun. Dia bahkan mungkin tidak tau namaku. Ya, memang hanya sepersekian detik mata kami bertemu tapi aku sungguh mensyukuri itu dan membuatku bertanya, apa ini Tuhan? I just met my infatuation at a random place in a random time, what was this for? Tapi aku yakin akan satu hal, aku merasakan kupu-kupu dalam perutku bangun dan menari-nari hingga panas sampai ke pipi.

Jakarta, 20 November 2014.

Tepat satu tahun setelah aku berikan lagu ini kepada seorang sahabat, aku kembali mendengarkan liriknya kata demi kata. Lalu aku menghubungi temanku dulu menceritakan kejadian beberapa bulan lalu. Kami jarang bicara karena kesibukan kami yang berbeda. Temanku kaget dan kami bertukar cerita penuh tawa. Dia pun menghubungi pria itu untuk menanyakan kabarnya. Lalu kabar yang aku terima, membuat aku tidak bisa berkata apa-apa. Pria itu sudah kembali dari benua sana. Sudah satu tahun dia kembali bekerja di tanah air. Dia bekerja di pusat kota. Karena jarak yang jauh dia tidak lagi tinggal di rumah keluarganya di ujung kota tapi menyewa apartemen di tengah kota, yang ternyata, adalah kompleks apartemen tempat dimana aku tinggal saat ini.

***

Do you believe in serendipity, Indah?

Serendipity : The faculty or phenomenon or luck that takes the form of finding valuable or pleasant things that are not looked for.

***

Aku tidak tau mengapa ini terjadi. Aku tidak tau bagaimana ini terjadi. Aku tidak tau untuk apa ini terjadi.

Tapi saat ini, kumpulan memori ini membuat hangat hati dan lagu itu yang entah untuk siapa, mengiringi malamku menulis ini di taman kompleks apartemen ini, menatap ke langit diatas sana, tersenyum dan mengucap dalam hati “Thank You for the smile in my heart, Father. You are the best.

Satu fakta yang aku yakini, Dia Mahabaik.

Taman Kompleks Green Palace Apartment.
Kalibata, 20 November 2014.

– i –

I missed you. But I haven’t met you. Oh but I want to. How I do. Dear whoever you might be, I’m still waiting patiently.

To Whom It May Concern – The Civil Wars

One thought on “Serendipity

  1. Sum up those memory into words..nicely done! While i believe in serendipity..i also believe that God has a mysterious way to surprise us..in a right time..and a right place.. slow, meticulous and perfect.. so i suggest you put one foot in front of the other.. pray a lot and say, God.. SURPRISE me! 😉 *sillygiggling*

Leave a Reply

