Satu Pria & Empat Wanita

19 Maret 2012.

 

Mereka kambing hitam-kan angka, rasio dan premonisi.

Dasar manusia pencari kesempatan dalam kesempitan.

 

Semakin tua umur bumi, semakin menjamur populasi.

Menuju rasio satu banding empat.

Satu pria. Empat wanita.

Rasio jenis kelamin, bukan gender.

 

Coba pikirkan rasio itu, alangkah baiknya bila satu pria dapat mensejahterakan empat wanita, lahir dan batin. Lihat sisi baiknya, kejahatan oleh dan terhadap wanita akan berkurang. Insya Allah tidak ada lagi pemerkosaan, wanita nakal, wanita pengganggu suami orang, wanita penjaja hubungan badan dan anak-anak haram. Karena mereka semua sejahtera. Satu pria mensejahterakan empat wanita.”  Pria, 27 tahun, aparatur pemerintah daerah, petugas kesehatan, lajang dan aktif mencari.

Entah dia berpikir terlalu sempit atau terlalu naif, atau mungkin dia tidak berpikir sama sekali. Kalau dia menganggap semua ciptaan Dia adalah mahakarya sama derajat, seharusnya dia tidak merasa lebih superior hanya karena jenis kelamin-nya lebih sedikit dibanding lawan jenisnya. Demi apapun, tolong jangan bawa-bawa nama Tuhan ke dalam kalimat analisa manusiawimu.

 

Kata siapa wanita harus sama pria? Justru karena jumlah wanita lebih banyak dari pria, jadi gak salah dong kalau wanita dengan wanita. Ini hak asasi. Mungkin tidak legal di beberapa bagian muka bumi, tapi kan tidak salah. Lagipula, selalu pria yang menjahati wanita. Kan menurut mereka, kami yang lemah.” — Wanita, 25 tahun, penulis, pekerja seni, lajang dan aktif mencari.

Entah dia berpikir terlalu sempit atau terlalu naif, atau mungkin dia tidak berpikir sama sekali. Kalau dia menganggap semua ciptaan Dia adalah mahakarya sama derajat, seharusnya dia tidak merasa lebih inferior hanya karena jenis kelamin-nya lebih banyak dibanding lawan jenisnya. Demi apapun, tolong jangan bawa-bawa nama hak asasi ke dalam kalimat analisa manusiawimu yang berat sebelah.

 

Aku tidak masalah dengan konsep poligami yang berdasarkan ajaran kepercayaan. Bukan berarti aku setuju apalagi menyalahkan.

Aku tidak masalah dengan konsep hubungan sesama jenis yang berdasarkan kemurnian perasaan cinta kasih. Bukan berarti aku setuju apalagi menyalahkan.

Hanya saja, jangan jadikan fakta perbandingan jenis kelamin sebagai pembenaran konsep-konsep itu.

In my opinion, this is not justifying, this is hypocrisy.

Come on people, can’t you do better?

Dasar manusia, pencari kesempatan dalam kesempitan.

 

Dari 7 milyar populasi manusia di atas muka bumi, rasio perbandingan pria wanita belum mencapai satu banding empat. Kalau suatu saat nanti betul-betul mencapai rasio itu, dunia ini pasti kiamat. Setidaknya, itu kata temanku, berdasarkan ajaran agamanya. Dan aku percaya temanku.

At some point, we have to agree to disagree. Aren’t we?

 

– i –

Advertisements

One thought on “Satu Pria & Empat Wanita

  1. Touche.
    You know what, i, I really miss those brainstorming session with you. With cigarettes, ice creams, and mosquitos.

    😉

    Stay sharp,will you?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s