Rekonsiliasi Rasa dan Diri

Apa kabar, Diri? Baik, Rasa.

Seperti biasa? Luar biasa.

Bahagia? Sangat.

Baguslah kalau begitu. Memang harus begitu.

 

Dimana sekarang? Disini.

Aku dimana? Lihat sekeliling, kamu cukup pintar untuk tau kamu dimana.

 

Aku masih hidup? Menurutmu?

Sepertinya aku sudah mati. Oh ya?

Kamu bunuh aku. Tidak.

Lalu kenapa aku begini? Kamu berubah bentuk.

Berubah jadi apa? Kamu mengendap, jadi partikel memori.

Tempatku dimana? Lihat sekeliling, kamu cukup bijak untuk tau tempat kamu dimana.

 

Kamu kenapa tertawa? Apa yang lucu? Kamu. Terimakasih ya.

Karena aku? Ya.

Kenapa? Karena kamu sempat membuat sesak hampir mati.

Lalu kenapa terimakasih? Karena tau rasanya sesak, jadi lebih menghargai napas. Menghargai hidup.

 

Kamu benci aku? Tidak sama sekali.

Boleh aku jenguk kamu kapan-kapan nanti? Silahkan.

Kalau kamu yang jenguk aku saja bagaimana? Lihat nanti.

Kenapa? Kalau sempat. Kalau kepingin.

Kenapa? Daftar urusanku masih banyak.

 

Lalu? Aku mau jalan ke depan.

Aku di belakang? Menurutmu?

Ya, aku ingat betul bentuk punggungmu. Bagus.

Lalu kenapa sekarang kamu mundur ke belakang? Kata siapa aku mundur?

Sekarang kamu apa? Aku berhenti. Sebentar. Tarik napas.

Habis ini apa? Habis ini, melangkah lagi. Habis itu berlari.

 

Aku itu kamu. Tidak sepenuhnya.

Aku itu bagian dari kamu. Itu tidak bisa disangkal.

Aku itu fakta. Memang kamu bukan fiksi.

Aku itu memori. Ya, dan kita akhirnya rekonsiliasi.

 

Apa kabar, Diri? Baik, Rasa.

 

 

Yang Mahabaik menjawab dari belakang layar, dari balik tirai Bima Sakti. Lebih dari sekedar minum kopi sambil duduk di serambi matahari, menertawai galaksi.

 

– i –

Voorburg. Netherlands.

Nov,1st, 2010. 12.pm

 

(Untuk mereka yang ikut menangis saat hujan dan ikut menari diiringi pelangi. Entah apa jadinya kalau kalian tidak ada disana waktu itu. Terimakasih ya..)

Leave a Reply

